Taman Wisata Religi Kota Salatiga
Proyek Potensial

Latar Belakang :
Maksud dan Tujuan dari penyusunan profil ini adalah memberikan gambaran eksisting kondisi lokasi Taman Wisata Religi, potensi Pariwisata, gambaran pengembangan yang diharapkan, dan kelayakan pengembangan wisata Taman Wisata Religi. Adapun tujuan dari investasi pengembangan wisata Taman Wisata Religi adalah untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Kota Salatiga melalui pengembangan destinasi wisata baru, sekaligus menegaskan image Kota Salatiga sebagai Kota Toleran di Indonesia.
Alasan Prioritas Investasi:
- Kota Salatiga memiliki potensi pariwisata antara lain: wisata alam, wisata religi/budaya, wisata sejarah, dan wisata kuliner.
- Kota Salatiga sudah terkenal sebagai De Schoonste Stad van Midden Java (Kota Terindah se-Jateng) karena dukungan factor geografis, udara sejuk dan letak yang sangat strategis.
- Kota Salatiga sebagai City of Harmony merupakan salah Kota Toleran di Indonesia.
- Pemerintah Kota Salatiga menawarkan pengembangan Taman Wisata Religi kepada para investor dengan nilai investasi ±Rp 55.673.000.000,- (lima puluh lima miliar enam ratus tujuh puluh tiga juta rupiah).
- Investor akan mendapatkan hak pengembangan dan pengelolaannya dengan mempertimbangkan aspek lingkungan dan menggandeng masyarakat sekitar sebagai kontribusi dan reduksi dampak sosial sehingga dapat dilakukan Pembangunan Taman Wisata Religi yang menjadi icon kerukunan umat beragama sekaligus obyek wisata yang unik dan berdaya saing di Kota Salatiga.
- Masyarakat Kota Salatiga, khususnya Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) mendukung dan ikut berpartisipasi terhadap pembangunan Taman Wisata Religi.
Ide/gagasan untuk membuat Taman Wisata Religi merupakan upaya untuk meningkatkan pengelolaan potensi investasi daerah agar memiliki daya tarik dan daya saing yang kompetitif. Dengan adanya tempat wisata yang nantinya dapat menarik wisatawan untuk datang ke Kota Salatig, diharapkan akan menumbuhkan perekonomian baik dalam wisata, budaya, tenaga kerja, dan umkm. Dengan adanya wisata, akan mempunyai multiplier effect yang luar biaas, karena ada uang masuk ke Kota Salatiga. Untuk tiket tempat wisata, belanja oleh-oleh, wisata kulineran dan penginapan.
Nilai Investasi | Rp55,67 miliar | |
Skema Investasi |
Konsep Kerjasama
Aspek manajemen & organisasi Dibentuk Lembaga Pengelola dengan kelembagaan yang disepakati bersama antara Pemkot Salatiga dan Investor. Bentuk pengelolaan taman wisata religi Kota Salatiga adalah sebagai berikut: |
|
Kondisi Saat Ini |
Kondisi saat ini lahan merupakan area persawahan dengan batas:
|
|
Ruang Lingkup Proyek |
|
|
Ketersediaan Pasar |
Analisis Aspek Pasar dan Pemasaran Pemasaran taman wisata religi di Kota Salatiga dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini, yaitu:
|
|
Luas Lahan | "3,52 ha" | |
Sumber Air | ||
Kelistrikan | ||
Telekomunikasi |
Npv | Rp. 7.924.321.285 | |
Irr | 10,65 | |
Bc Ratio | 1,21 | |
Payback Period | 25 tahun |
Nama Pic | DPMPTSP Kota Salatiga | |
Nama Instansi | Kota Salatiga | |
Alamat Instansi | Jl. Yos Sudarso No. 16 Salatiga | |
Hp/Email | 0298 325639 / dpmptspsala3@gmail.com |