Taman Wisata Religi Kota Salatiga

Proyek Potensial

Latar Belakang :

Maksud dan Tujuan dari penyusunan profil ini adalah memberikan gambaran eksisting kondisi lokasi Taman Wisata Religi, potensi Pariwisata, gambaran pengembangan yang diharapkan, dan kelayakan pengembangan wisata Taman Wisata Religi. Adapun tujuan dari investasi pengembangan wisata Taman Wisata Religi adalah untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Kota Salatiga melalui pengembangan destinasi wisata baru, sekaligus menegaskan image Kota Salatiga sebagai Kota Toleran di Indonesia.

Alasan Prioritas Investasi:

  • Kota Salatiga memiliki potensi pariwisata antara lain: wisata alam, wisata religi/budaya, wisata sejarah, dan wisata kuliner.
  • Kota Salatiga sudah terkenal sebagai De Schoonste Stad van Midden Java (Kota Terindah se-Jateng) karena dukungan factor geografis, udara sejuk dan letak yang sangat strategis.
  • Kota Salatiga sebagai City of Harmony merupakan salah Kota Toleran di Indonesia.
  • Pemerintah Kota Salatiga menawarkan pengembangan Taman Wisata Religi kepada para investor dengan nilai investasi ±Rp 55.673.000.000,- (lima puluh lima miliar enam ratus tujuh puluh tiga juta rupiah).
  • Investor akan mendapatkan hak pengembangan dan pengelolaannya dengan mempertimbangkan aspek lingkungan dan menggandeng masyarakat sekitar sebagai kontribusi dan reduksi dampak sosial sehingga dapat dilakukan Pembangunan Taman Wisata Religi yang menjadi icon kerukunan umat beragama sekaligus obyek wisata yang unik dan berdaya saing di Kota Salatiga.
  • Masyarakat Kota Salatiga, khususnya Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) mendukung dan ikut berpartisipasi terhadap pembangunan Taman Wisata Religi.

Ide/gagasan untuk membuat Taman Wisata Religi merupakan upaya untuk meningkatkan pengelolaan potensi investasi daerah agar memiliki daya tarik dan daya saing yang kompetitif. Dengan adanya tempat wisata yang nantinya dapat menarik wisatawan untuk datang ke Kota Salatig, diharapkan akan menumbuhkan perekonomian baik dalam wisata, budaya, tenaga kerja, dan umkm. Dengan adanya wisata, akan mempunyai multiplier effect yang luar biaas, karena ada uang masuk ke Kota Salatiga. Untuk tiket tempat wisata, belanja oleh-oleh, wisata kulineran dan penginapan.

 

Nilai Investasi Rp55,67 miliar
Skema Investasi

Konsep Kerjasama

  • Kerjasama yang ditawarkan dengan investor adalah sistem sewa pengelolaan dan pengembangan Taman Wisata Religi, dengan mematuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Salatiga sehingga investor dapat membangun dan mengelola Taman Wisata Religi tanpa merusak bentang alam serta kelestarian lingkungan.
  • Investor yang sudah menyewa diharuskan membangun Taman Wisata Religi dengan syarat dan ketentuan yang sudah disepakati, sistem sewa mencakup sewa selama 25 (dua puluh lima) tahun dengan pembayaran sewa yang dibayarkan tiap tahun.
  • Investor yang sudah menyewa akan mendapatkan hak pengelolaan eksklusif selama masa sewa, memerhatikan faktor kelestarian lingkungan, hanya diijinkan mengelola sesuai dengan desain dan batasan yang disepakati bersama, dan bekerjasama dengan masyarakat sekitar dan Forum Komunikasi Umat Beragama.

Aspek manajemen & organisasi

Dibentuk Lembaga Pengelola dengan kelembagaan yang disepakati bersama antara Pemkot Salatiga dan Investor. Bentuk pengelolaan taman wisata religi Kota Salatiga adalah sebagai berikut:

Kondisi Saat Ini

Kondisi saat ini lahan merupakan area persawahan dengan batas:

  1. Sebelah Utara : sungai dan sawah
  2. Sebelah Timur : Jalan Patimura
  3. Sebelah Selatan : sawah dan permukiman
  4. Sebelah Barat : permukiman terbatas.
Ruang Lingkup Proyek
  1. Pembangunan Ruang Ibadah
  2. Pembangunan Pusat Informasi (TIC)
  3. Pembangunan Plaza
  4. Pembangunan Hotel
  5. Pembangunan Aula
  6. Pembangunan Amphitheatre
  7. Pembangunan Museum dan Perpustakaan
  8. Pembangunan Playground, sitting group, and pedestrian
  9. Pembangunan Kios dan Kantin
  10. Pembangunan Pengelolaan Limbah, Jaringan Listrik, dan Air
Ketersediaan Pasar

Analisis Aspek Pasar dan Pemasaran

Pemasaran taman wisata religi di Kota Salatiga dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini, yaitu:

  1. Jumlah Wisatawan yang berkunjung ke Kota Salatiga meningkat tajam dari tahun 2017-2018;
  2. Jumlah Hotel di Kota Salatiga sebanyak 32, dengan rate rata-rata Rp. 500.000,00;
  3. Pengunjung diasumsikan sebanyak 149.900/tahun (411/hari) & diproyeksikan tumbuh rata-rata 5%/tahun. jumlah ini setara dengan 40%-50% kapasitas maksimum parkir yang dirancang pada Kegiatan Masterplan Review Wisata Religi;
  4. Untuk mencapai jumlah ini maka ada beberapa kondisi yang diharapkan dapat terwujud:
  5. Ada bundling package dengan objek wisata yang sudah “terkenal” di Kota Salatiga dan sekitarnya
  6. Kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama dalam pelaksanaan field study.
  7. Wisatawan yang menjadi target pasar adalah wisnus dan wisman dengan karakteristik all segments, dengan komposisi 90% : 10%.
Luas Lahan "3,52 ha"
Sumber Air
Kelistrikan
Telekomunikasi