Profil
A. Perusahaan

PT. Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) yang biasa disingkat dengan PT. KIW (Persero) merupakan perusahaan berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan kawasan industri.

Kepemilikan saham PT. KIW (Persero) terbagi dalam 51.09% milik Kementerian BUMN; 40.19% milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan 8.52% milik Pemerintah Kabupaten Cilacap.

KIW di Semarang, Jawa Tengah yang memiliki infrastruktur lengkap dan terus berkembang serta ketersediaan tenaga kerja yang kompeten dan kompetitif yang sangat mendukung untuk investasi di bidang industri.

KIW terletak jalur utama lintas provinsi yang strategis dengan akses yang sangat dekat dengan Jalan Tol, Pelabuhan, Bandara, Stasiun Kereta Api, terminal bus, pusat pemerintahan Provinsi Jawa Tengah, Rumah Sakit, Pusat Kota, serta Pusat Perbelanjaan.

KIW merupakan kawasan industri terbaik untuk investasi dengan lahan siap bangun dan bebas banjir seluas 250Ha serta Bangunan Pabrik Siap Pakai (BPSP) seluas 48.338 m2. KIW didukung dengan layanan yang lengkap seperti WTP, WWTP, Low Cost Service Charge, Pengelolaan Parkir dan Penyewaan Bangunan Kantor, serta dilengkapi fasilitas terbaik seperti fasilitas KLIK, kemudahan bisnis, keamanan 24 jam, pemadam kebakaran dan lain sebagainya.

KIW juga telah memiliki banyak prestasi dengan menerima berbagai penghargaan bergengsi. Hal ini menunjukkan profesionalisme KIW dalam mengembangkan dan mengelola Kawasan Industri. KIW akan semakin lincah dan berkembang dengan telah memiliki anak perusahaan, PT. Putra Wijayakusuma Sakti.

B. Kawasan Industri

Provinsi Jawa Tengah mulai dilirik para investor pasca Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang di Kabupaten Batang. Jawa Tengah berpotensi menjadi pusat pertumbuhan Kawasan Industri nasional karena didukung infrastruktur yang demikian masif , diantaranya jaringan tol Trans - Jawa, Pelabuhan Laut Internasional Ahmad Yani, rencana Tol Semarang- Demak, jalan nasional non tol lintas utara, tengah&selatan. Selain itu Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah masih kompetitif dibanding Jawa Barat & Jawa Timur. Saat ini terdapat 9 kawasan industri di Jawa Tengah yaitu :

1. Kawasan Industri Wijayakusuma

2. Kawasan Industri Kendal

3. Taman Industri Jateng Land

4. BSB Industrial Park

5. Kawasan Industri Candi 

6. Zona Pemrosesan Eksport Tanjung Emas

7. Kawasan Industri Terboyo

8. LIK Bugangan Baru Semarang

9. Kawasan Industri Wonogiri