Kemudahan Investasi untuk Capai Target Pertumbuhan

DPMPTSP Kab Purworejo

SEMARANG - Jateng berupaya mencapai target pertumbuhan ekonomi 7%. Berbagai hal dilakukan, salah satunya membuka keran kemudahan investasi. Kepala Disperindag Jateng Arief Sambodo mengatakan Jateng menjadi satu dari dua provinsi yang diberi amanat oleh Presiden Joko Widodo meningkatkan pertumbuhan ekonominya, satu provinsi lainnya adalah Jatim.

”Itu bisa dicapai jika investasi dan ekspor meningkat,” tutur Arief Sambodo saat menghadiri pembukaan pabrik semen instan PT Cipta Mortar Utama, anak usaha Saint Gobain di Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW), Kota Semarang, kemarin.

Acatra itu dihadiri oleh Senior Vice President dan CEO Asia Pasifik Saint Gobain Javier Gimeno dan CEO Saint Gobain Indonesia Jose Martos. Arif menyebutkan kehadiran Mortar Utama di provinsi ini diharapkan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Javier Gimeno menyatakan ada tiga hal penting yang membuat Indonesia menjadi pasar produk konstruksi terbesar di Asia. Yakni, populasi atau jumlah penduduknya besar, tingkat urbanisasi terus meningkat tiap tahun, dan banyak pembangunan berkelanjutan.

Kota Semarang dipilih sebagai lokasi pendirian pabrik kelima karena merupakan Ibu Kota provinsi yang ”seksi” dari segi investasi. Misalnya, pembangunan di wilayah sekitar serta dekat dengan bandara dan pelabuhan.

Di sisi lain, menurut dia, pembangunan infrastruktur di Jateng sedang gencar, mulai bandara, jalan tol, hotel, sampai mal atau pusat perbelanjaan. Dana sekitar Rp 150 miliar ditanamkan untuk membangun pabrik di KIW, dan menjadi pabrik kelima di Indonesia.

Javier menjelaskan berbeda dengan semen kovensional, mortar instan yang berbahan dasar pasir, semen, filler atau bahan pengisi, dan aditif atau bahan tambahan diproses menggunakan teknologi modern. ”Merupakan solusi atas pekerjaan yang lebih spesifik, contohnya dinding, perekat keramik, dan lantai.

Mortar berbeda dengan semen,” jelas dia. Pihaknya juga tak melakukan penambangan lantaran bahan utama semen membeli dari perusahaan lain. Perusahaan yang menjadi bagian Saint Gobain Group asal Prancis itu mampu memproduksi 120 ton atau 20 persen dari kapasitas produksi total dari lima pabrik di Tanah Air. (H81-18)


Search

Categories

Tags

Archive